Lengkap - 45+ Contoh Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Terbaru
45+ Contoh Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Terbaru - Hai adik adik dimana saja berada, bagaimana nih kabarnya? semoga selalu sehat ya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kakak ingin berbagi lagi mengenai beberapa soal UKK untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Soal ini sudah kakak tulis dalam bentuk pilihan ganda dan essay beserta dengan kunci jawabannya yang akan membantu adik adik dalam mengerjakannya. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa ya.
45+ Contoh Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Faktor utama yang menyebabkan Jepangmenyerah kepada sekutu adalah….
a. Indonesia menuntut segera diberi kemerdekaaan
b. Italia dan Jerman tidak mau membantu Jepang
c. Di Bomnya kota Hiroshima dan Nagasaki
d. Desakan dari Amerika Serikat untuk segera menyerah
2. Jepang menyatakan menyerah pada sekutu diatas kapal…
a. Missisipi
b. Renvile
c. Missouri
d. Titanic
3. Kota di Jepang di bom oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945 adalah….
a. Nagasaki
b. Tokyo
c. Kyoto
d. Hiroshima
4. Latar belakang jepang memberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak di kemudian hari adalah…
a. Ingin membentuk Asia Timur Raya
b. Untuk mendewasakan bangsa Indonesia
c. Pasukan Jepang semakin terdesak sekutu
d. Agar bangsa Indonesia mempersiapkan diri
5. Faktor utama yang menyebabkan Jepang menyerah kepada sekutu yaitu :
a. Indonesia menuntut diberi segera diberi kemerdekaan
b. Italia dan Jerman tidak mau membantu jepang
c. Dibomnya hirshima dan nagasaki
d. Desakan Amerika Serikat untuk segera menyerah
6. Perisitiwa bersejarah di Indonesia yang menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia adalah…
a. Pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda
b. Proklamasi kemedekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945
c. Pengesahan UUD 1945 sebagai UUD Republik Indonesia
d. Menyerahnya jepang kepada sekutu
7. Topik perdebatan antara golongan muda menjelang proklamasi Kemerdekaan adalah…
a. Waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
b. Tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan
c. Tempat kemerdekaan diproklamasikan
d. Bentuk negara setelah proklamasi
8. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada terjadi keadaan Vacum of Power yang artinya
a. Kekosongan tentara
b. Kekosong kekuasaan
c. Kekalahan jepang
d. Kekuatan yang memuncak
9. Tujuan golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke luar kota adalah…
a. Mengamnkan kedua tokoh bangsa Indonesia dari pengaruh Jepang
b. Meminta Ir. Soekarno agar membujuk Jepang secepatnya menjadikan Indonesia menjadi Negara Merdeka
c. Mengungsikan Ir. Soekarno dan Moh. Hattta dari kemanan militer belanda.
d. Memberi kesempatan kepada Ir. Soekarno dan moh. Hatta agar dapat berpikir diluar jakarta
10. Salah satu tempat penyebarluasan berita proklamasi adalah…
a. Kantor LSM
b. Rumah laksamana Tadashi Maeda
c. Kantor berita Domei
d. Kantor berita Bintang Timur
11. Naskan Proklamasi disusun dirumah….
a. Laksamana Muda Maeda
b. Ir. Soekarno
c. Ahmad subarjo
d. Jendral Nishimura
12. Pembacaan Naskah Proklamasi dirumah Ir. Soekarno yaitu di…
a. Jalan Penggangsaan Timur 54
b. Jalan Imam Bonjol 1
c. Depan Lapang Ikada
d. Jalan Medan Merdeka Utara 45
13. Nama tokoh yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya adalah….
a. Ismail Marzuki
b. Ibu Sud
c. A.T. Mahmud
d. W.R Supratman
14. Setelah Indonesia Merdeka, kelengkapan Negara yang pertama kali disahkan adalah..
a. 12 Kementrian
b. UUD 1945
c. KNIP
d. BKR
15. Pertandingan sepak bola anatara kedua kesebelasan menunjukan bentuk hubungan sosial…
a. Kelompok dengan kelompok
b. Individu dengan Individu
c. Individudengan kelompok
16. Berikut ini yang bukan menunjukan wujud interaksi sosial adalah…
a. Saling mencibir
b. Berjabatan tangan
c. Saling mengejek
d. Berteriak - teriak
17. Manusia melakukan hubungan sosial karena…
a. Ingin menyelesaikan masalah
b. Manusia merupakan mahluk sosial
c. Manusia inginmenonjolkan diri
d. Manusia ingin dipuji
18. Berikut ini hubungan dissosiatif adalah…
a. Kerja sama
b. Akomodasi
c. Akulturasi
d. Konflik
19. Berikut ini yang termasuk dalam proses sosialisasi adalah…
a. Belajar menangis
b. Sering tertawa
c. Belajar cara makan
d. Mudah marah
20. Tindakan berikut ini merupakan bentuk hubungan sosial adalah…
a. Dua anak saling tersenyum dan melambaikan tangan
b. Seorang anak mencium foto
c. Ayah menonton televisi
d. Mahasiswa membaca biografi orang terkenal
21. Komunikasi dapat menghasilkan kerja sama apabila…
a. Tidak terjadi bentrok
b. Terjadi pergaulan
c. Timbul sikap saling memahami maksud dan tujuan
d. Semua pihak sama – sama diuntungkan
22. Suatu tindakan seseorang untuk meniru baik melalui sikap, penampilan maupun gaya hidupnya dinamakan adalah…
a. Imitasi
b. Sugesti
c. Identifikasi
d. Empati
23. Pelaksanaan Norma atau ketentuan tak tertulis mengenai bagaimana seseorang harus bersikap atau berprilaku didalam keluarga dan masyarakat merupakan bentuk… dalam keluarga
a. Fungsi afektif
b. Fungsi reproduksi
c. Fungsi sosialisasi
d. Fungsi pendidikan
24. Berikut ini merupakan fungsi pranata keluarga, kecuali…
a. Fungsi afeksi
b. Fungsi transformatif
c. Fungsi perlindungan
d. Fungsi sosialisasi
25. Pranata ekonomi berkaitan erat dengan kegiatan…
a. Produksi, distribusi dan konsumsi
b. Penyiapan tenaga kerja terampil
c. Tersedianya sarana dan prasarana kesejahteraan
d. Terbentuknya pola – pola pemenuhan kebutuhan
26. Tradisi pertunangan sebelum dilakukan perkawinan meupakan tradisi warisan nenek moyang yangmasihdilakukan sampai sekarang dalam pranata keluarga. Hal tersebut menunjukkan karakteristik pranta sosial yaitu…
a. Mempunyai simbol
b. Mempunyai tujuan
c. Memiliki kelengkapan
d. Memiliki usia lebih lama
27. Untuk menyalurkan aspirasi semua lapisan masyrakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pemerintah membentuk lembaga legislatif yang dipilih rakyat melalui pemilu. Pranata yang mengatur sistem ini adalah…
a. Sosial
b. Politik
c. Hukum
d. Ekonomi
28. Untuk menanamkan sikap sopan santun terhadap anak diperlukan pranata..
a. Ekonomi
b. Sosial
c. Pendidikan
d. Politik
29. Siswa yang sering membolos disekolah merupakan penyimpangan sosial pada lingkungan…
a. Informal
b. Formal
c. Nonformal
d. Eksternal
30. Berikut ini contoh – contoh pengendalian sosial yang bersifat represif, kecuali…
a. Menjatuhkan vonis seumur hidup bagi pengedar narkoba
b. Pemberlakuakn denda berat bagi pembuang sampah sembarang
c. Menghukum siswa yang membolos sekolah
d. Pendidikan moral sejak dini dalam keluarga
31. Bentuk pengendalian sosial yang memiliki sifat tegas dan nyata serta efektif digunakan sebagai pengendali sosial adalah…
a. Agama
b. Teguran
c. Hukuman
d. Gossip
32. Menjatuhkan denda kepada pelanggaran lalu lintas agar tidak mengulangi perbuatannya merupakan bentuk pengendalian sosial yang bersifat…
a. Temporer
b. Represif
c. Insidental
d. Kuratif
33. Guru membri hukuman kepada siswa yang terlambat dan tidak tertib di sekolah, termasuk pengendalian sosial yang disebut….
a. Preventif
b. Kuratif
c. Represif
d. Persuasif
34. Berikut ini yang merupakan pengertian penyimpanagan sosial adalah….
a. Perilaku yang mengabaikan nilai – nilai dan norma – norma yang ada dalam masyarakat
b. Perilaku yang mengindahkan norma – norma dalam masayarakat
c. Nilai – nilai dan norma – norma yang salah dalam masyarakat
d. Perilaku dan perbuatan yang diinginkan masyarakat
35. Guru menegur siswanya yang tidak mengerjakan PR merupakan contoh pengendalian sosial yangbersifat…
a. Persuasif
b. Represif
c. Komplusif
d. Preventif
36. Melalui pendidikan dapat diupayakan pengendalian sosial karena…
a. Melalui pendidikan siswa menjadi pandai
b. Pendidikan mengajarkan siswa untuk maju
c. Pendidikan mendidik siswa untuk mngetahui nilai – nilai yang dianggap baik, luhur, pantas, benar dan indah untuk kehidupan
d. Pendidikan tidak memberikan mandaat apapun
37. Bentuk pengendalian sosial yang memiliki sifat tegas dan nyata serta efektif digunakan sebagai pengendali sosial adalah…
a. Agama
b. Teguran
c. Hukuman
d. Gosip
38. Tujuan utama pengendalian sosial adalah…
a. Menciptakan masayarakat yang adali dan makmur
b. Mengekang/mengisolasi para pelaku penyimpangan sosial
c. Terciptanya keselarasan dan keteraturan dalam kehidaupan bermasyarakat
d. Terbentuknya masayarakat yang homogen sehingga terhindar dari pertentangan dan perpecahan
39. Saat polisi membujuk para demonstran untuk tidak melakukan perusakan, maka polisi tersebut telah melakukan tindakan…
a. Persuasif
b. Kuratif
c. Represif
d. Preventif
40. Jika jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan kesempatan kerja, maka akan mengakibatkan ….
a. Randahnya mutu tenaga kerja
b. Meningkatnyapengangguran
c. Penurunan produktivitas
d. Meningkatnya produktivitas
II. Uraian
1. Jelasakan kronologi peristiwa jatuhnya kekalahan Jepang atas Sekutu !
2. Sebutkan empat lembaga sosial dalam pengendalian sosial ?
3. Sebutkan ciri – ciri ekonomi liberalis ?
4. Sebutkan fungsi pajak bagi perekonomian Indonesia
5. Sebutkan bunyi hukum permintaan
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
45+ Contoh Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Terbaru |
Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs
45+ Contoh Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Faktor utama yang menyebabkan Jepangmenyerah kepada sekutu adalah….
a. Indonesia menuntut segera diberi kemerdekaaan
b. Italia dan Jerman tidak mau membantu Jepang
c. Di Bomnya kota Hiroshima dan Nagasaki
d. Desakan dari Amerika Serikat untuk segera menyerah
2. Jepang menyatakan menyerah pada sekutu diatas kapal…
a. Missisipi
b. Renvile
c. Missouri
d. Titanic
3. Kota di Jepang di bom oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945 adalah….
a. Nagasaki
b. Tokyo
c. Kyoto
d. Hiroshima
4. Latar belakang jepang memberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak di kemudian hari adalah…
a. Ingin membentuk Asia Timur Raya
b. Untuk mendewasakan bangsa Indonesia
c. Pasukan Jepang semakin terdesak sekutu
d. Agar bangsa Indonesia mempersiapkan diri
5. Faktor utama yang menyebabkan Jepang menyerah kepada sekutu yaitu :
a. Indonesia menuntut diberi segera diberi kemerdekaan
b. Italia dan Jerman tidak mau membantu jepang
c. Dibomnya hirshima dan nagasaki
d. Desakan Amerika Serikat untuk segera menyerah
6. Perisitiwa bersejarah di Indonesia yang menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia adalah…
a. Pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda
b. Proklamasi kemedekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945
c. Pengesahan UUD 1945 sebagai UUD Republik Indonesia
d. Menyerahnya jepang kepada sekutu
7. Topik perdebatan antara golongan muda menjelang proklamasi Kemerdekaan adalah…
a. Waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
b. Tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan
c. Tempat kemerdekaan diproklamasikan
d. Bentuk negara setelah proklamasi
8. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada terjadi keadaan Vacum of Power yang artinya
a. Kekosongan tentara
b. Kekosong kekuasaan
c. Kekalahan jepang
d. Kekuatan yang memuncak
9. Tujuan golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke luar kota adalah…
a. Mengamnkan kedua tokoh bangsa Indonesia dari pengaruh Jepang
b. Meminta Ir. Soekarno agar membujuk Jepang secepatnya menjadikan Indonesia menjadi Negara Merdeka
c. Mengungsikan Ir. Soekarno dan Moh. Hattta dari kemanan militer belanda.
d. Memberi kesempatan kepada Ir. Soekarno dan moh. Hatta agar dapat berpikir diluar jakarta
10. Salah satu tempat penyebarluasan berita proklamasi adalah…
a. Kantor LSM
b. Rumah laksamana Tadashi Maeda
c. Kantor berita Domei
d. Kantor berita Bintang Timur
11. Naskan Proklamasi disusun dirumah….
a. Laksamana Muda Maeda
b. Ir. Soekarno
c. Ahmad subarjo
d. Jendral Nishimura
12. Pembacaan Naskah Proklamasi dirumah Ir. Soekarno yaitu di…
a. Jalan Penggangsaan Timur 54
b. Jalan Imam Bonjol 1
c. Depan Lapang Ikada
d. Jalan Medan Merdeka Utara 45
13. Nama tokoh yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya adalah….
a. Ismail Marzuki
b. Ibu Sud
c. A.T. Mahmud
d. W.R Supratman
14. Setelah Indonesia Merdeka, kelengkapan Negara yang pertama kali disahkan adalah..
a. 12 Kementrian
b. UUD 1945
c. KNIP
d. BKR
15. Pertandingan sepak bola anatara kedua kesebelasan menunjukan bentuk hubungan sosial…
a. Kelompok dengan kelompok
b. Individu dengan Individu
c. Individudengan kelompok
16. Berikut ini yang bukan menunjukan wujud interaksi sosial adalah…
a. Saling mencibir
b. Berjabatan tangan
c. Saling mengejek
d. Berteriak - teriak
17. Manusia melakukan hubungan sosial karena…
a. Ingin menyelesaikan masalah
b. Manusia merupakan mahluk sosial
c. Manusia inginmenonjolkan diri
d. Manusia ingin dipuji
18. Berikut ini hubungan dissosiatif adalah…
a. Kerja sama
b. Akomodasi
c. Akulturasi
d. Konflik
19. Berikut ini yang termasuk dalam proses sosialisasi adalah…
a. Belajar menangis
b. Sering tertawa
c. Belajar cara makan
d. Mudah marah
20. Tindakan berikut ini merupakan bentuk hubungan sosial adalah…
a. Dua anak saling tersenyum dan melambaikan tangan
b. Seorang anak mencium foto
c. Ayah menonton televisi
d. Mahasiswa membaca biografi orang terkenal
21. Komunikasi dapat menghasilkan kerja sama apabila…
a. Tidak terjadi bentrok
b. Terjadi pergaulan
c. Timbul sikap saling memahami maksud dan tujuan
d. Semua pihak sama – sama diuntungkan
22. Suatu tindakan seseorang untuk meniru baik melalui sikap, penampilan maupun gaya hidupnya dinamakan adalah…
a. Imitasi
b. Sugesti
c. Identifikasi
d. Empati
23. Pelaksanaan Norma atau ketentuan tak tertulis mengenai bagaimana seseorang harus bersikap atau berprilaku didalam keluarga dan masyarakat merupakan bentuk… dalam keluarga
a. Fungsi afektif
b. Fungsi reproduksi
c. Fungsi sosialisasi
d. Fungsi pendidikan
24. Berikut ini merupakan fungsi pranata keluarga, kecuali…
a. Fungsi afeksi
b. Fungsi transformatif
c. Fungsi perlindungan
d. Fungsi sosialisasi
25. Pranata ekonomi berkaitan erat dengan kegiatan…
a. Produksi, distribusi dan konsumsi
b. Penyiapan tenaga kerja terampil
c. Tersedianya sarana dan prasarana kesejahteraan
d. Terbentuknya pola – pola pemenuhan kebutuhan
26. Tradisi pertunangan sebelum dilakukan perkawinan meupakan tradisi warisan nenek moyang yangmasihdilakukan sampai sekarang dalam pranata keluarga. Hal tersebut menunjukkan karakteristik pranta sosial yaitu…
a. Mempunyai simbol
b. Mempunyai tujuan
c. Memiliki kelengkapan
d. Memiliki usia lebih lama
27. Untuk menyalurkan aspirasi semua lapisan masyrakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pemerintah membentuk lembaga legislatif yang dipilih rakyat melalui pemilu. Pranata yang mengatur sistem ini adalah…
a. Sosial
b. Politik
c. Hukum
d. Ekonomi
28. Untuk menanamkan sikap sopan santun terhadap anak diperlukan pranata..
a. Ekonomi
b. Sosial
c. Pendidikan
d. Politik
29. Siswa yang sering membolos disekolah merupakan penyimpangan sosial pada lingkungan…
a. Informal
b. Formal
c. Nonformal
d. Eksternal
30. Berikut ini contoh – contoh pengendalian sosial yang bersifat represif, kecuali…
a. Menjatuhkan vonis seumur hidup bagi pengedar narkoba
b. Pemberlakuakn denda berat bagi pembuang sampah sembarang
c. Menghukum siswa yang membolos sekolah
d. Pendidikan moral sejak dini dalam keluarga
31. Bentuk pengendalian sosial yang memiliki sifat tegas dan nyata serta efektif digunakan sebagai pengendali sosial adalah…
a. Agama
b. Teguran
c. Hukuman
d. Gossip
32. Menjatuhkan denda kepada pelanggaran lalu lintas agar tidak mengulangi perbuatannya merupakan bentuk pengendalian sosial yang bersifat…
a. Temporer
b. Represif
c. Insidental
d. Kuratif
33. Guru membri hukuman kepada siswa yang terlambat dan tidak tertib di sekolah, termasuk pengendalian sosial yang disebut….
a. Preventif
b. Kuratif
c. Represif
d. Persuasif
34. Berikut ini yang merupakan pengertian penyimpanagan sosial adalah….
a. Perilaku yang mengabaikan nilai – nilai dan norma – norma yang ada dalam masyarakat
b. Perilaku yang mengindahkan norma – norma dalam masayarakat
c. Nilai – nilai dan norma – norma yang salah dalam masyarakat
d. Perilaku dan perbuatan yang diinginkan masyarakat
35. Guru menegur siswanya yang tidak mengerjakan PR merupakan contoh pengendalian sosial yangbersifat…
a. Persuasif
b. Represif
c. Komplusif
d. Preventif
36. Melalui pendidikan dapat diupayakan pengendalian sosial karena…
a. Melalui pendidikan siswa menjadi pandai
b. Pendidikan mengajarkan siswa untuk maju
c. Pendidikan mendidik siswa untuk mngetahui nilai – nilai yang dianggap baik, luhur, pantas, benar dan indah untuk kehidupan
d. Pendidikan tidak memberikan mandaat apapun
37. Bentuk pengendalian sosial yang memiliki sifat tegas dan nyata serta efektif digunakan sebagai pengendali sosial adalah…
a. Agama
b. Teguran
c. Hukuman
d. Gosip
38. Tujuan utama pengendalian sosial adalah…
a. Menciptakan masayarakat yang adali dan makmur
b. Mengekang/mengisolasi para pelaku penyimpangan sosial
c. Terciptanya keselarasan dan keteraturan dalam kehidaupan bermasyarakat
d. Terbentuknya masayarakat yang homogen sehingga terhindar dari pertentangan dan perpecahan
39. Saat polisi membujuk para demonstran untuk tidak melakukan perusakan, maka polisi tersebut telah melakukan tindakan…
a. Persuasif
b. Kuratif
c. Represif
d. Preventif
40. Jika jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan kesempatan kerja, maka akan mengakibatkan ….
a. Randahnya mutu tenaga kerja
b. Meningkatnyapengangguran
c. Penurunan produktivitas
d. Meningkatnya produktivitas
II. Uraian
1. Jelasakan kronologi peristiwa jatuhnya kekalahan Jepang atas Sekutu !
2. Sebutkan empat lembaga sosial dalam pengendalian sosial ?
3. Sebutkan ciri – ciri ekonomi liberalis ?
4. Sebutkan fungsi pajak bagi perekonomian Indonesia
5. Sebutkan bunyi hukum permintaan
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal ukk ips kelas 8 ktsp
- soal ukk ips kelas 8 kurikulum 2013
- soal ukk ips kelas 8 semester 2 kurikulum 2013
- soal ukk ips kelas 8 semester 2 ktsp
- contoh soal ukk ips kelas 8 ktsp 2006
- soal ukk ips kelas 8 2018
- soal ukk ips kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2006
- soal ukk ips kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban pilihan ganda pdf 2018,2019,2020,2021,2022