Lengkap - 45+ Contoh Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru
45+ Contoh Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Adik adik yang baik hati, untuk kelas 9 SMP/MTs kakak ada info penting ini, nah sekarang kakak telah selesai menyusun beberapa soal tentang soal latihan UTS dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS dalam pembahasan Semester ganjil. Oiya Menurut Carter V. Good, Bahwa Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikaf dan prilaku yang berlaku di masyarakatnya. proses sosial di mana seseorang di pengaruhi oleh sesuatu lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehinga ia dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya.
45+ Contoh Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Perhatikan tabel berikut ini!
No Ciri-ciri suatu negara
1 Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern
2 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban
3 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat
4 Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
5 Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi
Dari tabel di atas ciri-ciri negara maju ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
2. Berikut ini adalah tolok ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang, kecuali….
a. pendapatan perkapita
b. jumlah penduduk miskin
c. angka melek huruf
d. angka pengangguran
3. Dilihat dari segi kependudukan suatu negara, dikatakan sebagai negara berkembang bila ….
a. angka usia harapan hidup tinggi
b. angka pertumbuhan penduduk tinggi
c. penguasaan terhadap iptek tinggi
d. tingkat pendidikan cukup tinggi
4. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju adalah … .
a. Jepang dan Indonesia
b. Cina dan Malaysia
c. Jepang dan Korea Selatan
d. India dan Pakistan
5. Negara-negara berkembang sebagian besar berada di benua….
a. Amerika dan Eropa
b. Amerika dan Asia
c. Eropa dan Australia
d. Asia dan Afrika
6. Perhatikan data berikut ini!
No Negara
1 Perancis
2 Jerman
3 Italia
4 Jepang
5 Australia
Dari data di atas, negara yang termasuk blok sentral dalam Perang Dunia II ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
7. Negara-negara yang tergabung dalam triple Entente pada Perang Dunia II lebih dikenal dengan sebutan blok….
a. Sentral
b. Sekutu
c. Barat
d. Timur
8. Sebab khusus Perang Dunia II di Eropa dimulai dengan….
a. serangan Jerman terhadap Polandia
b. serangan Jerman terhadap Perancis
c. serangan Inggris terhadap Jerman
d. serangan Italia terhadap Jerman
9. Berikut ini yang bukan termasuk sebab umum Perang Dunia II karena adanya….
a. politik aliansi/mencari kawan persekutuan
b. pertentangan-pertentangan akibat ekspansi
c. pertentangan faham demokrasi, fasisme dan komunisme
d. LBB yang dapat berhasil melaksanakan tugasnya
10. Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman memiliki pengertian … .
a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
b. perlindungan negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara
11. Pandangan Jerman dan Italia yang membanggakan kekuatan militernya disebut….
a. irredente
b. chauvinisme
c. fasisme
d. merkantilisme
12. Imperialisme Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat mendapat tantangan dengan diumumkannya Jerman Raya, yang terkenal dengan istilah….
a. Kolonialisme
b. Italia Irredenta
c. Lebensraum
d. Revanche Idea
13. Perang Dunia II di Asia Pasifik disebabkan oleh serbuan Jepang terhadap….
a. Pangkalan militer Inggris di Pearl Harbour, Hawai
b. Pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai
c. Sekutu di kawasan Asia Timur
d. Sekutu di Asia Tenggara
Berikut ini adalah medan Perang Dunia II, kecuali….
a. Eropa
b. Australia
c. Asia Pasifik
d. Afrika
14. Setelah Perang Dunia II berakhir maka diadakanlah perjanjian perdamaian antara pihak pemenang dan yang kalah, perjanjian itu antara lain Konferensi Postdam yang diadakan antara….
a. Sekutu dengan Jerman
b. Sekutu dengan Jepang
c. Sekutu dengan Italia
d. Sekutu dengan Polandia
15. Akibat positif dari Perang Dunia II bagi bangsa Indonesia adalah….
a. Indonesia menjadi negara merdeka di bawah pengawasan Jepang
b. Indonesia masuk menjadi anggota PBB
c. penjajahan Belanda di Indonesia berakhir
d. penghapusan pengaruh-pengaruh Barat di kalangan rakyat Indonesia
16. Kedatangan Jepang ke Indonesia semula disambut dengan suka cita oleh bangsa Indonesia, karena Jepang menganggap dirinya sebagai….
a. cahaya bagi bangsa Indonesia
b. pelindung bagi bangsa Asia
c. pemimpin bagi bangsa Asia
d. saudara tua bangsa Indonesia
17. Tujuan Jepang mengadakan propaganda dengan Gerakan 3A untuk….
a. menekan partai-partai politik di Indonesia
b. mendapat dukungan melawan sekutu
c. menghindari perlawanan rakyat Indonesia
d. melawan pemerintah kolonial Belanda
18. Tenaga kerja paksa yang dikerahkan oleh Jepang untuk membangun objek-objek vital disebut….
a. Romusha
b. Seinendan
c. Kerja Rodi
d. Fujinkai
19. Untuk menghadapi perang Asia Timur Raya, pemerintahan pendudukan Jepang mendidik para pemuda yang berumur 18-25 tahun dan bertugas sebagai pembantu prajurit Jepang disebut ….
a. Keibodan
b. Seinendan
c. Heiho
d. PETA
20. Organisasi semi militer yang dibentuk oleh Jepang yang bertugas sebagai barisan wanita dinamakan….
a. Seinendan
b. Heiho
c. Fujinkai
d. Keibodan
21. Pada masa pendudukan Jepang, hasil pertanian Indonesia mengalami kemerosotan karena ….
a. tanahnya semakin sempit
b. para petani menjadi romusha
c. kesuburan tanahnya berkurang
d. rakyat diwajibkan menanam jarak
22. Berikut ini adalah tugas AFNEI di Indonesia, kecuali….
a. menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang
b. menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada NICA
c. membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu
d. menghimpun keterangan dan menuntut penjahat perang
23. Salah satu faktor yang meyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda setelah proklamasi kemerdekaan adalah….
a. Indonesia membantu Sekutu menghadapi Belanda
b. Indonesia membantu Jepang menghadapi Belanda
c. NICA membantu mengamankan Jepang
d. NICA berusaha mempersenjatai KNIL
24. Kedatangan pasukan Sekutu akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena sekutu….
a. melucuti tentara Jepang
b. mengubah pemerintahan RI
c. membantu pasukan Jepang
d. membawa serta NICA
25. Perhatikan peta di bawah ini!
Pada peta di atas, daerah yang diarsir tebal adalah wilayah Republik Indonesia hasil perundingan….
a. Linggajati
b. Renville
c. Kalijati
d. Room-Royen
26. Upaya menyelesaikan permasalahan Indonesia – Belanda, PBB membentuk Komisi Tiga Negara yang terdiri dari….
a. Amerika Serikat, Inggris, dan Austria
b. Amerika Serikat, Belgia, dan Austria
c. Amerika Serikat, Belgia, dan Australia
d. Amerika Serikat, Inggris, dan Australia
27. Komisi Tiga Negara berhasil mempertemukan Indonesia-Belanda dalam suatu perjanjian yang dikenal dengan perundingan Renville, akibatnya bagi Indonesia adalah….
a. wilayah Indonesia semakin luas
b. wilayah Indonesia semakin sempit
c. Belanda mengakui kedaulatan atas Republik Indonesia
d. Belanda menuntut penghapusan Negara Republik Indonesia Serikat
28. Perhatikan peta di bawah ini!
Pada peta di atas, daerah yang diarsir tebal adalah wilayah….
a. Republik Indonesia
b. Negara Pasundan
c. Negara Sumatera Timur
d. Nagara Jawa Timur
29. Suatu bukti bahwa pemerintah RI tetap tegak berdiri walaupun ibu kota RI dikuasai Belanda pada waktu Agresi Militer Belanda II adalah ….
a. Presiden Soekarno menjalankan pemerintahan dari pengasingan
b. ibu kota RI di Yogyakarta dikuasai Sri Sultan Hamengkubuwana IX
c. ibu kota RI dikembalikan dari Yogyakarta ke Jakarta
d. dibentuknya Pemerintahan Darurat RI di Bukittinggi Sumatera Barat
30. Ketika Indonesia diakui kedaulatannya oleh Belanda pada tanggal 27 Desember 1949 dengan nama negara RIS, maka negara RI….
a. merupakan bagian dari negara RIS
b. dinyatakan telah bubar
c. masih tetap tegak berdiri sejajar RIS
d. tidak jelas statusnya
31. Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Indonesia (United Nations Commission forIndonesian atau UNCI) diberi tugas oleh PBB untuk….
a. melancarkan perundingan antara Indonesia dengan Belanda
b. melucuti tentara NICA yang berada di Indonesia
c. menggantikan tugas Komisi Tiga Negara
d. membentuk pemerintah darurat di Indonesia
33. Sebagai penghargaan atas jasa para pahlawan di Surabaya yang mempertahankan tanah air Indonesia dari kekuasaan asing, maka tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari….
a. kebangkitan nasional
b. kesaktian Pancasila
c. berkabung nasional
d. pahlawan
34. Perang Puputan Margarana terjadi karena rakyat kecewa, Bali tidak termasuk wilayah RI. Keputusan ini merupakan hasil ….
a. perundingan Linggajati
b. konferensi Meja Bundar
c. perundingan Renville
d. persetujuan Roem – Royen
35. Dampak Serangan umum 1 Maret 1949 bagi perjuangan diplomasi Indonesia di luar negeri adalah ….
a. dunia internasional mendukung penyerahan kedaulatan RIS
b. negara-negara simpatisan Indonesia memberi bantuan senjata
c. dukungan internasional terhadap masalah Indonesia meningkat
d. negara-negara di Eropa mendorong Belanda melepaskan Indonesia
36. Pemilu I tahun 1955 untuk memilih….
a. Anggota DPR dan MPR
b. Anggota DPR dan Konstituante
c. Anggota DPRS dan MPRS
d. Anggota DPRS dan konstituante
37. Alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yaitu ….
a. pembentukan MPRS dan DPAS
b. dibubarkannya badan konstituante
c. kembali berlakunya UUD 1945
d. badan konstituante gagal menyusun UUD
38. Kabinet Natsir hanya memerintah selama 8 bulan, Natsir dijatuhkan karena….
a. dituduh terlalu condong ke Amerika Serikat
b. kegagalan berunding dengan Belanda masalah Irian Barat
c. timbulnya gerakan separatisme diberbagai daerah
d. persingan antara golongan agama dengan nasionalis
39. Sejak tahun 1950 pemerintahan mulai tidak stabil, disebabkan oleh….
a. pergantian konstitusi RIS menjadi UUD S 1950
b. masa peralihan yang mendadak dari negara serikat
c. sistem pemerintahan parlementer
d. belum adanya DPR dan MPR
40. Setelah dekrit presiden dikeluarkan pada 5 Juli 1959, DPAS dan MPR menjadikan Manifesto politik Republik Indonesia sebagai….
a. Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)
b. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
c. senjata untuk menumpas gerakan separatis
d. acuan dalam pelaksanaan politik luar negeri
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan 5 indikator suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju ataupun negara berkembang!
2. Sebutkan 4 sebab umum terjadinya Perang Dunia II!
3. Apakah isi “Gerakan 3 A” yang digunakan Jepang dalam mendekati golongan nasionalis sekkuler?
4. Sebutkan 3 Negara yang duduk dalam Komisi Tiga Negara (KTN)!
5. Mengapa hasil perjanjian Renville dianggap merugikan Republik Indonesia?
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
45+ Contoh Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru |
Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs
45+ Contoh Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Perhatikan tabel berikut ini!
No Ciri-ciri suatu negara
1 Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern
2 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban
3 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat
4 Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
5 Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi
Dari tabel di atas ciri-ciri negara maju ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
2. Berikut ini adalah tolok ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang, kecuali….
a. pendapatan perkapita
b. jumlah penduduk miskin
c. angka melek huruf
d. angka pengangguran
3. Dilihat dari segi kependudukan suatu negara, dikatakan sebagai negara berkembang bila ….
a. angka usia harapan hidup tinggi
b. angka pertumbuhan penduduk tinggi
c. penguasaan terhadap iptek tinggi
d. tingkat pendidikan cukup tinggi
4. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju adalah … .
a. Jepang dan Indonesia
b. Cina dan Malaysia
c. Jepang dan Korea Selatan
d. India dan Pakistan
5. Negara-negara berkembang sebagian besar berada di benua….
a. Amerika dan Eropa
b. Amerika dan Asia
c. Eropa dan Australia
d. Asia dan Afrika
6. Perhatikan data berikut ini!
No Negara
1 Perancis
2 Jerman
3 Italia
4 Jepang
5 Australia
Dari data di atas, negara yang termasuk blok sentral dalam Perang Dunia II ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
7. Negara-negara yang tergabung dalam triple Entente pada Perang Dunia II lebih dikenal dengan sebutan blok….
a. Sentral
b. Sekutu
c. Barat
d. Timur
8. Sebab khusus Perang Dunia II di Eropa dimulai dengan….
a. serangan Jerman terhadap Polandia
b. serangan Jerman terhadap Perancis
c. serangan Inggris terhadap Jerman
d. serangan Italia terhadap Jerman
9. Berikut ini yang bukan termasuk sebab umum Perang Dunia II karena adanya….
a. politik aliansi/mencari kawan persekutuan
b. pertentangan-pertentangan akibat ekspansi
c. pertentangan faham demokrasi, fasisme dan komunisme
d. LBB yang dapat berhasil melaksanakan tugasnya
10. Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman memiliki pengertian … .
a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
b. perlindungan negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara
11. Pandangan Jerman dan Italia yang membanggakan kekuatan militernya disebut….
a. irredente
b. chauvinisme
c. fasisme
d. merkantilisme
12. Imperialisme Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat mendapat tantangan dengan diumumkannya Jerman Raya, yang terkenal dengan istilah….
a. Kolonialisme
b. Italia Irredenta
c. Lebensraum
d. Revanche Idea
13. Perang Dunia II di Asia Pasifik disebabkan oleh serbuan Jepang terhadap….
a. Pangkalan militer Inggris di Pearl Harbour, Hawai
b. Pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai
c. Sekutu di kawasan Asia Timur
d. Sekutu di Asia Tenggara
Berikut ini adalah medan Perang Dunia II, kecuali….
a. Eropa
b. Australia
c. Asia Pasifik
d. Afrika
14. Setelah Perang Dunia II berakhir maka diadakanlah perjanjian perdamaian antara pihak pemenang dan yang kalah, perjanjian itu antara lain Konferensi Postdam yang diadakan antara….
a. Sekutu dengan Jerman
b. Sekutu dengan Jepang
c. Sekutu dengan Italia
d. Sekutu dengan Polandia
15. Akibat positif dari Perang Dunia II bagi bangsa Indonesia adalah….
a. Indonesia menjadi negara merdeka di bawah pengawasan Jepang
b. Indonesia masuk menjadi anggota PBB
c. penjajahan Belanda di Indonesia berakhir
d. penghapusan pengaruh-pengaruh Barat di kalangan rakyat Indonesia
16. Kedatangan Jepang ke Indonesia semula disambut dengan suka cita oleh bangsa Indonesia, karena Jepang menganggap dirinya sebagai….
a. cahaya bagi bangsa Indonesia
b. pelindung bagi bangsa Asia
c. pemimpin bagi bangsa Asia
d. saudara tua bangsa Indonesia
17. Tujuan Jepang mengadakan propaganda dengan Gerakan 3A untuk….
a. menekan partai-partai politik di Indonesia
b. mendapat dukungan melawan sekutu
c. menghindari perlawanan rakyat Indonesia
d. melawan pemerintah kolonial Belanda
18. Tenaga kerja paksa yang dikerahkan oleh Jepang untuk membangun objek-objek vital disebut….
a. Romusha
b. Seinendan
c. Kerja Rodi
d. Fujinkai
19. Untuk menghadapi perang Asia Timur Raya, pemerintahan pendudukan Jepang mendidik para pemuda yang berumur 18-25 tahun dan bertugas sebagai pembantu prajurit Jepang disebut ….
a. Keibodan
b. Seinendan
c. Heiho
d. PETA
20. Organisasi semi militer yang dibentuk oleh Jepang yang bertugas sebagai barisan wanita dinamakan….
a. Seinendan
b. Heiho
c. Fujinkai
d. Keibodan
21. Pada masa pendudukan Jepang, hasil pertanian Indonesia mengalami kemerosotan karena ….
a. tanahnya semakin sempit
b. para petani menjadi romusha
c. kesuburan tanahnya berkurang
d. rakyat diwajibkan menanam jarak
22. Berikut ini adalah tugas AFNEI di Indonesia, kecuali….
a. menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang
b. menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada NICA
c. membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu
d. menghimpun keterangan dan menuntut penjahat perang
23. Salah satu faktor yang meyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda setelah proklamasi kemerdekaan adalah….
a. Indonesia membantu Sekutu menghadapi Belanda
b. Indonesia membantu Jepang menghadapi Belanda
c. NICA membantu mengamankan Jepang
d. NICA berusaha mempersenjatai KNIL
24. Kedatangan pasukan Sekutu akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena sekutu….
a. melucuti tentara Jepang
b. mengubah pemerintahan RI
c. membantu pasukan Jepang
d. membawa serta NICA
25. Perhatikan peta di bawah ini!
Pada peta di atas, daerah yang diarsir tebal adalah wilayah Republik Indonesia hasil perundingan….
a. Linggajati
b. Renville
c. Kalijati
d. Room-Royen
26. Upaya menyelesaikan permasalahan Indonesia – Belanda, PBB membentuk Komisi Tiga Negara yang terdiri dari….
a. Amerika Serikat, Inggris, dan Austria
b. Amerika Serikat, Belgia, dan Austria
c. Amerika Serikat, Belgia, dan Australia
d. Amerika Serikat, Inggris, dan Australia
27. Komisi Tiga Negara berhasil mempertemukan Indonesia-Belanda dalam suatu perjanjian yang dikenal dengan perundingan Renville, akibatnya bagi Indonesia adalah….
a. wilayah Indonesia semakin luas
b. wilayah Indonesia semakin sempit
c. Belanda mengakui kedaulatan atas Republik Indonesia
d. Belanda menuntut penghapusan Negara Republik Indonesia Serikat
28. Perhatikan peta di bawah ini!
Pada peta di atas, daerah yang diarsir tebal adalah wilayah….
a. Republik Indonesia
b. Negara Pasundan
c. Negara Sumatera Timur
d. Nagara Jawa Timur
29. Suatu bukti bahwa pemerintah RI tetap tegak berdiri walaupun ibu kota RI dikuasai Belanda pada waktu Agresi Militer Belanda II adalah ….
a. Presiden Soekarno menjalankan pemerintahan dari pengasingan
b. ibu kota RI di Yogyakarta dikuasai Sri Sultan Hamengkubuwana IX
c. ibu kota RI dikembalikan dari Yogyakarta ke Jakarta
d. dibentuknya Pemerintahan Darurat RI di Bukittinggi Sumatera Barat
30. Ketika Indonesia diakui kedaulatannya oleh Belanda pada tanggal 27 Desember 1949 dengan nama negara RIS, maka negara RI….
a. merupakan bagian dari negara RIS
b. dinyatakan telah bubar
c. masih tetap tegak berdiri sejajar RIS
d. tidak jelas statusnya
31. Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Indonesia (United Nations Commission forIndonesian atau UNCI) diberi tugas oleh PBB untuk….
a. melancarkan perundingan antara Indonesia dengan Belanda
b. melucuti tentara NICA yang berada di Indonesia
c. menggantikan tugas Komisi Tiga Negara
d. membentuk pemerintah darurat di Indonesia
33. Sebagai penghargaan atas jasa para pahlawan di Surabaya yang mempertahankan tanah air Indonesia dari kekuasaan asing, maka tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari….
a. kebangkitan nasional
b. kesaktian Pancasila
c. berkabung nasional
d. pahlawan
34. Perang Puputan Margarana terjadi karena rakyat kecewa, Bali tidak termasuk wilayah RI. Keputusan ini merupakan hasil ….
a. perundingan Linggajati
b. konferensi Meja Bundar
c. perundingan Renville
d. persetujuan Roem – Royen
35. Dampak Serangan umum 1 Maret 1949 bagi perjuangan diplomasi Indonesia di luar negeri adalah ….
a. dunia internasional mendukung penyerahan kedaulatan RIS
b. negara-negara simpatisan Indonesia memberi bantuan senjata
c. dukungan internasional terhadap masalah Indonesia meningkat
d. negara-negara di Eropa mendorong Belanda melepaskan Indonesia
36. Pemilu I tahun 1955 untuk memilih….
a. Anggota DPR dan MPR
b. Anggota DPR dan Konstituante
c. Anggota DPRS dan MPRS
d. Anggota DPRS dan konstituante
37. Alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yaitu ….
a. pembentukan MPRS dan DPAS
b. dibubarkannya badan konstituante
c. kembali berlakunya UUD 1945
d. badan konstituante gagal menyusun UUD
38. Kabinet Natsir hanya memerintah selama 8 bulan, Natsir dijatuhkan karena….
a. dituduh terlalu condong ke Amerika Serikat
b. kegagalan berunding dengan Belanda masalah Irian Barat
c. timbulnya gerakan separatisme diberbagai daerah
d. persingan antara golongan agama dengan nasionalis
39. Sejak tahun 1950 pemerintahan mulai tidak stabil, disebabkan oleh….
a. pergantian konstitusi RIS menjadi UUD S 1950
b. masa peralihan yang mendadak dari negara serikat
c. sistem pemerintahan parlementer
d. belum adanya DPR dan MPR
40. Setelah dekrit presiden dikeluarkan pada 5 Juli 1959, DPAS dan MPR menjadikan Manifesto politik Republik Indonesia sebagai….
a. Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)
b. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
c. senjata untuk menumpas gerakan separatis
d. acuan dalam pelaksanaan politik luar negeri
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan 5 indikator suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju ataupun negara berkembang!
2. Sebutkan 4 sebab umum terjadinya Perang Dunia II!
3. Apakah isi “Gerakan 3 A” yang digunakan Jepang dalam mendekati golongan nasionalis sekkuler?
4. Sebutkan 3 Negara yang duduk dalam Komisi Tiga Negara (KTN)!
5. Mengapa hasil perjanjian Renville dianggap merugikan Republik Indonesia?
Soal UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal essay uts ips kelas 9 semester 1
- soal uts ips kelas 9 beserta kunci jawaban
- soal ips kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 dan jawabannya
- contoh soal uts ips kelas 9 semester 1 beserta jawabannya
- soal ips kelas 9 semester 1 bab 1
- soal uts kelas 9 semester 1 kurikulum 2013
- soal uts ips kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal uts ips kelas 9 semester 1 dan jawabannya ktsp pdf 2018,2019,2020,2021,2022