Lengkap - 45+ Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru
45+ Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Halo adik adik, dimana saja berada. Nah pada kesempatan kali ini kakak ingin berbagi beberapa soal latihan yang mungkin akan dibutuhkan adik adik untuk mempersiapkan soal yang sebenarnya. Soal ini merupakan soal UTS untuk mata pelajaran Seni Budaya kelas 9 SMP/MTs yang dibahas semester ganjil. Oiya Menurut Harry Sulastianto, Salah seorang dosen seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia menerangkan pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.
45+ Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
45+ Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru |
Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs
45+ Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Suatu cabang seni rupa yang hasil karyanya lebih mengutamakan unsur estetis atau keindahan adalah....
a. seni kriya
b. seni murni
c. seni ornamen
d. seni relief
2. Salah satu contoh dari hasil karya seni murni adalah....
a. keramik
b. kolase
c. lukisan
d. origami
3. Menurut bentuknya seni rupa terbagi menjadi ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Suatu corak ragam seni murni di Indonesia yang lahir pada masa prasejarah adalah ....
a. Klasik
b. Modern
c. Natural
d. Primitif
5. Affandi adalah seorang maestro lukisan dari Indonesia dalam aliran ....
a. Ekspresionisme
b. Impresionisme
c. Kubisme
d. Naturalisme
6. Salah seorang pelukis mancanegara yang merupakan pelopor lukisan aliran kubisme adalah...
a. Imanuel kant
b. Leonardo davinci
c. Michael Angelo
d. Pablo Picaso
7. Pelukis dari nusantara yang memiliki aliran romantisme adalah . . .
a. Affandi
b. Joko Pekik
c. Popo Iskandar
d. Raden Saleh
8. Tujuan yang paling mendasar dari pembuatan karya seni murni adalah semata-mata untuk memenuhi …
a. Apresiasi
b. Estetis
c. Fungsionalitas
d. Improvisasi
9. Faktor yang paling diutamakan dalam pembuatan sebuah lukisan adalah….
a. ekspresi
b. keuntungan
c. manfaat
d. simbolis
10. Suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah….
a. seni musik
b. seni rupa
c. seni tari
d. seni teater
11. Corak seni murni daerah yang memiliki ciri-ciri sangat detail, rumit dan dramatis adalah….
a. Klasik
b. Pop art
c. Primitif
d. Visual art
12.Ciri-ciri yang paling mendasar dari lukisan aliran kubisme, yaitu ….
a. objek berbentuk geometris
b. objek hasil imajinasi
c. objek menggambarkan alam mimpi
d. objek tidak mudah dipahami
13. Ciri-ciri dari lukisan ekspresionisme adalah ….
a. Objek menggambarkan alam mimpi
b. Objek mengungkapkan curahan hati
c. objek tidak mudah dipahami
d. objek hasil imitasi
14. Lukisan yang menggambarkan suasana alam mimpiadalah ….
a. Ekspresionisme
b. Impresionisme
c. Naturalisme
d. Surealisme
15. Gambar disamping merupakan salah satu contoh dari lukisan ….
a. Dekoratif
b. Ekspresionisme
c. Impresionisme
d. Naturalisme
16. Tema yang tepat untuk lukisan yang mengambarkan kegiatan orang sedang berburu binatangadalah….
a. Alam
b. Diri sendiri
c. Kegiatan
d. Orang lain
17. Lukisan yang menggambarkan keadaan dan kegiatan manusia di alam sekitarnya adalah ….
a. Lukisan ekspresionisme.
b. Lukisan impresionisme.
c. Lukisan naturalisme
d. Lukisan realisme.
18. Lukisan disamping memiliki gaya....
a. Dadaisme
b. Naturalisme
c. Realisme
d. Surealisme
19. Lukisan disamping adalah tergolong kedalam aliran ….
a. ekspresionisme
b. impresionisme
c. kubisme
d. naturalisme
20. Teknik pewarnaan yang paling tepat digunakan dalam membuat lukisan dengan menggunakan media crayon adalah ….
a. Teknikgosok/dusel
b. Teknik plakat.
c. Teknik pointilis.
d. Teknik sapuan basah.
21. Ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media nada baik dari suara manusia maupun alat musik disebut....
a. Lagu
b. Pantun
c. Puisi
d. Syair
22. Titik balik perkembangan musik di Indonesiaterjadi pada tahun. . . .
a. 1945
b. 1950
c. 1955
d. 1960
23. Berikut nilai yang tidak terkandung dalam permainan musik. . . .
a. Bisnis
b. Estetis
c. Keindahan yang tinggi
d. Komunikasi
24. Musik yang berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh adalah jenis musik....
a. Bebas
b. Dangdut
c. Hindustan
d. Melayu
25. Kecapiberleherlurus (che, p’ip’a,yuchch’in, dan san hsien) merupakanalatmusiktradisionalkhasnegara . . . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Indonesia
26. Naik turunnya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau naik turunnya dinamakan.....
a. Birama
b. Dinamika
c. Harmoni
d. Melodi
27. Jenis musik yang berkembang di Cina, Korea, dan Jepang adalah....
a. Dangdut
b. Hindustan
c. Melayu
d. Oriental
28. Flute (ryukei, nokan, shakuhachi) merupakan alat musik khas dari negara . . . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Jepang
29. Rebana merupakan alat musik yang berasal dari negara . . . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Jepang
30. Negara yang memilikiragammusik-musik hindustan di bagianutara dan selatan karnatik adalah. . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Jepang
31. Lagu yang berasaldarinegara Malaysiamenggunakanbahasa . . . .
a. Jepang
b. Mandarin
c. Melayu
d. Korea
32. Bahasa yang digunakan dalam syair-syair lagudari China adalah . . . .
a. Indonesia
b. Jepang
c. Mandarin
d. Melayu
33. SyairlaguKuchkuchHota Hai berasaldarinegara . . . .
a.India
b.Indonesia
c. Jepang
d. Korea
34. Musik dangdut memiliki ciri khas dari instrumen musiknya yang lebih menonjolkan kepada....
a.Terompet
b.Piano
c. Gitar
d. Gendang
35. “Tabla” merupakan alat musik sejenis gendang yang berasal dari negara ....
a. India
b. China
c. Mesir
d. Spanyol
36. Judul lagu “Sakura” merupakan jenis folk song dari negara ....
a. Korea
b. Philipin
c. Jepang
d. China
37. Musik yang berasal dari negeri asing disebut juga musik ....
a. Nusantara
b. Mancanegara
c. Asia
d. Tradisional
38. Jenis musik yang merupakan kombinasi orkes Melayu dengan musik India, ialah....
a. Dangdut
b. Qosidah
c. Keroncong
d. Mars
39. Orkes symponi umumnya membawakan lagu ....
a. Modern
b. Populer
c. Daerah
d. Klasik
40. Kemampuan seseorang dalam mengekspresikan secara langsung dari gagasan atau angan-angan melalui perasaan musikal saat mendengarkan musik, ialah ....
a. Improvisasi
b. Komposisi
c. Kolaborasi
d. Apresiasi
II. Jawablah!
41. Tuliskan4 macam media dan alat untuk melukis!
42. Berdasarkan fungsi dan tujuannya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa...dan ....
43. Tuliskanciri-ciri dari gaya seni rupa primitif !
44. Tuliskanalat musik utama yang digunakan pada orkes melayu !
45. Jenis lagu-lagu yang banyak mempengaruhi orkes gambus adalah....
a. seni kriya
b. seni murni
c. seni ornamen
d. seni relief
2. Salah satu contoh dari hasil karya seni murni adalah....
a. keramik
b. kolase
c. lukisan
d. origami
3. Menurut bentuknya seni rupa terbagi menjadi ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Suatu corak ragam seni murni di Indonesia yang lahir pada masa prasejarah adalah ....
a. Klasik
b. Modern
c. Natural
d. Primitif
5. Affandi adalah seorang maestro lukisan dari Indonesia dalam aliran ....
a. Ekspresionisme
b. Impresionisme
c. Kubisme
d. Naturalisme
6. Salah seorang pelukis mancanegara yang merupakan pelopor lukisan aliran kubisme adalah...
a. Imanuel kant
b. Leonardo davinci
c. Michael Angelo
d. Pablo Picaso
7. Pelukis dari nusantara yang memiliki aliran romantisme adalah . . .
a. Affandi
b. Joko Pekik
c. Popo Iskandar
d. Raden Saleh
8. Tujuan yang paling mendasar dari pembuatan karya seni murni adalah semata-mata untuk memenuhi …
a. Apresiasi
b. Estetis
c. Fungsionalitas
d. Improvisasi
9. Faktor yang paling diutamakan dalam pembuatan sebuah lukisan adalah….
a. ekspresi
b. keuntungan
c. manfaat
d. simbolis
10. Suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah….
a. seni musik
b. seni rupa
c. seni tari
d. seni teater
11. Corak seni murni daerah yang memiliki ciri-ciri sangat detail, rumit dan dramatis adalah….
a. Klasik
b. Pop art
c. Primitif
d. Visual art
12.Ciri-ciri yang paling mendasar dari lukisan aliran kubisme, yaitu ….
a. objek berbentuk geometris
b. objek hasil imajinasi
c. objek menggambarkan alam mimpi
d. objek tidak mudah dipahami
13. Ciri-ciri dari lukisan ekspresionisme adalah ….
a. Objek menggambarkan alam mimpi
b. Objek mengungkapkan curahan hati
c. objek tidak mudah dipahami
d. objek hasil imitasi
14. Lukisan yang menggambarkan suasana alam mimpiadalah ….
a. Ekspresionisme
b. Impresionisme
c. Naturalisme
d. Surealisme
15. Gambar disamping merupakan salah satu contoh dari lukisan ….
a. Dekoratif
b. Ekspresionisme
c. Impresionisme
d. Naturalisme
16. Tema yang tepat untuk lukisan yang mengambarkan kegiatan orang sedang berburu binatangadalah….
a. Alam
b. Diri sendiri
c. Kegiatan
d. Orang lain
17. Lukisan yang menggambarkan keadaan dan kegiatan manusia di alam sekitarnya adalah ….
a. Lukisan ekspresionisme.
b. Lukisan impresionisme.
c. Lukisan naturalisme
d. Lukisan realisme.
18. Lukisan disamping memiliki gaya....
a. Dadaisme
b. Naturalisme
c. Realisme
d. Surealisme
19. Lukisan disamping adalah tergolong kedalam aliran ….
a. ekspresionisme
b. impresionisme
c. kubisme
d. naturalisme
20. Teknik pewarnaan yang paling tepat digunakan dalam membuat lukisan dengan menggunakan media crayon adalah ….
a. Teknikgosok/dusel
b. Teknik plakat.
c. Teknik pointilis.
d. Teknik sapuan basah.
21. Ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media nada baik dari suara manusia maupun alat musik disebut....
a. Lagu
b. Pantun
c. Puisi
d. Syair
22. Titik balik perkembangan musik di Indonesiaterjadi pada tahun. . . .
a. 1945
b. 1950
c. 1955
d. 1960
23. Berikut nilai yang tidak terkandung dalam permainan musik. . . .
a. Bisnis
b. Estetis
c. Keindahan yang tinggi
d. Komunikasi
24. Musik yang berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh adalah jenis musik....
a. Bebas
b. Dangdut
c. Hindustan
d. Melayu
25. Kecapiberleherlurus (che, p’ip’a,yuchch’in, dan san hsien) merupakanalatmusiktradisionalkhasnegara . . . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Indonesia
26. Naik turunnya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau naik turunnya dinamakan.....
a. Birama
b. Dinamika
c. Harmoni
d. Melodi
27. Jenis musik yang berkembang di Cina, Korea, dan Jepang adalah....
a. Dangdut
b. Hindustan
c. Melayu
d. Oriental
28. Flute (ryukei, nokan, shakuhachi) merupakan alat musik khas dari negara . . . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Jepang
29. Rebana merupakan alat musik yang berasal dari negara . . . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Jepang
30. Negara yang memilikiragammusik-musik hindustan di bagianutara dan selatan karnatik adalah. . .
a. Arab
b. Cina
c. India
d. Jepang
31. Lagu yang berasaldarinegara Malaysiamenggunakanbahasa . . . .
a. Jepang
b. Mandarin
c. Melayu
d. Korea
32. Bahasa yang digunakan dalam syair-syair lagudari China adalah . . . .
a. Indonesia
b. Jepang
c. Mandarin
d. Melayu
33. SyairlaguKuchkuchHota Hai berasaldarinegara . . . .
a.India
b.Indonesia
c. Jepang
d. Korea
34. Musik dangdut memiliki ciri khas dari instrumen musiknya yang lebih menonjolkan kepada....
a.Terompet
b.Piano
c. Gitar
d. Gendang
35. “Tabla” merupakan alat musik sejenis gendang yang berasal dari negara ....
a. India
b. China
c. Mesir
d. Spanyol
36. Judul lagu “Sakura” merupakan jenis folk song dari negara ....
a. Korea
b. Philipin
c. Jepang
d. China
37. Musik yang berasal dari negeri asing disebut juga musik ....
a. Nusantara
b. Mancanegara
c. Asia
d. Tradisional
38. Jenis musik yang merupakan kombinasi orkes Melayu dengan musik India, ialah....
a. Dangdut
b. Qosidah
c. Keroncong
d. Mars
39. Orkes symponi umumnya membawakan lagu ....
a. Modern
b. Populer
c. Daerah
d. Klasik
40. Kemampuan seseorang dalam mengekspresikan secara langsung dari gagasan atau angan-angan melalui perasaan musikal saat mendengarkan musik, ialah ....
a. Improvisasi
b. Komposisi
c. Kolaborasi
d. Apresiasi
II. Jawablah!
41. Tuliskan4 macam media dan alat untuk melukis!
42. Berdasarkan fungsi dan tujuannya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa...dan ....
43. Tuliskanciri-ciri dari gaya seni rupa primitif !
44. Tuliskanalat musik utama yang digunakan pada orkes melayu !
45. Jenis lagu-lagu yang banyak mempengaruhi orkes gambus adalah....
Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs File ini dalam Bentuk .doc File Size 32Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal seni budaya kelas 9 semester 1 dan kunci jawaban
- soal essay seni budaya kelas 9
- soal seni budaya kelas 9 dan kunci jawaban 2017 2018
- soal uas seni budaya kelas 9 dan kunci jawaban
- soal seni budaya kelas 9 semester 1 kurikulum 2013
- soal uas seni budaya kelas 9 semester 1 dan jawabannya
- contoh soal seni budaya kelas 9 semester 1 beserta jawabannya
- soal essay seni budaya kelas 9 semester 1 pdf 2018,2019,2020,2021,2022